Tuesday, April 28, 2020

Perbedaan Mikrotik RouterBoard dan RouterOS



MikroTik  berasal dari kata mikrotikls yang berarti “network kecil” dalam bahasa Latvia.  MikroTik dengan trademark MikroTikRouterOS dan RouterBOARD  merupakan perusahaan kecil berlokasi di Riga, ibukota Latvia bersebelahan dengan Rusia dan memiliki lebih dari 70 karyawan, pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

RouterOS merupakan Software Router untuk PC (x86, AMD, dll). RouterOS ini berupa sistem operasi berbasis linux yang kita install pada komputer (Personal Computer) yang mampu menjadikan sebuah PC (bahkan dengan spesifikasi yang rendah) menjadi sebuah Router yang handal dengan fitur yang lengkap.

RouterBOARD merupakan hardware (Router)  yang didesain oleh MikroTik. RouterBOARD memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan.  RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya.

Mikrotik routerboard adalah suatu hardware yang dapat menjalankan routernetwork tanpa perlu di install ke sebuah PC, karena mikrotik ini telah di desain untuk menjalahkan routerOS sehingga dapat menjadi router yang gandal untuk penggunanya, sedangkan Mikrotik routerOS adalah system operasi yang perlu di install ke sebuah PC dan dapat mengubah PC menjadi router.

Referensi :